..:: Website Resmi Rumah Sakit Umum Daerah Hadji Boejasin Pelaihari ::..

Kanker atau disebut juga dengan tumor ganas adalah penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal dengan cepat dan tidak terkendali serta terus menyerang jaringan tubuh sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan darah atau jaringan limfatik (metastasis) serta menyerang organ-organ penting yang pada akhirnya sering menyebabkan kematian.

Kanker dapat menyebabkan beberapa gejala yang berbeda bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Untuk memastikan keberadaan kanker biasanya dilakukan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi.  Perawatan kanker biasanya dilakukan dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Apa yang Sebenarnya Terjadi Saat Terkena Kanker pada Tubuh Kita ?

Biasanya, sel di dalam tubuh kita hanya akan melakukan pembelahan diri apabila ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak. Tetapi pada kasus sel kanker, sel tersebut akan terus membelah meskipun tubuh tidak memerlukannya yang membuat terjadi penumpukan sel baru yang penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan yang ada sehingga pada akhirnya mengganggu organ yang ditempatinya.

Dimana kanker dapat ditemukan?

Kanker dapat ditemukan di hamper semua jaringan dalam organ tubuh manusia, mulai dari kaki sampai kepala. Apabila kanker terjadi di permukaan tubuh yang kelihatan sering mudah diketahui pada tahap awal dan diobati segera tetapi kanker yang terjadi di dalam tubuh sering terlambat ditangani yang membuat khususnya apabila tidak menunjukkan gejala apapun. Apabila kanker ketahuan pada stadium lanjut biasanya akan sangat terlambat untuk diobati

Apa penyebab kanker?

Penyebab utama kanker dikatakan dari hal yang paling sepele yang sering tidak kita sadari antara lain mulai dari pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga, merokok, dan pola makan yang tak sehat.

Comments   

+1 #1 makanan sehat 2015-11-27 17:35
pola makan yang tidak sehat memang membuat kita lebih berisiko terkena kanker. trims atas informasinya dok.
Quote

Add comment


Security code
Refresh

 Direktur

RSUD Hadji Boejasin Pelaihari

dr. H. Edy Wahyudi

Buku Tamu

Layanan Pengaduan RSUD Hadji Boejasin SMS Center 081255077790